Sabtu, 26 Maret 2016

Fenomena "Sensor"

Kemaren-kemaren, netizen sempat dihebohkan dengan disensornya tokoh Shizuka, di kartun Doraemon.  Pada Doraemon “edisi sensor” tersebut, Shizuka memang sedang mengenakan pakaian renang. Lantas, apakah gara-gara hal tersebut, Shizuka pantas disensor? Terus terang, gue pribadi, merasa aneh. Siapa yang terpancing birahinya coba, ngeliat anak kelas 4-5 SD pake baju renang? Anak SD-nya dalam bentuk kartun pulak? Lagian apakah anak-anak kecil polos yang menonton sontak berteriak, “ Waaah, asiiik. Shizukanya pake baju renaaangg. Waaaahhh... Udelnya cantik, nggak bodong”. Nggak, kan? Malahan mereka mungkin bertanya-tanya. Kenapa Shizuka disensor pada bagian tertentu. Rasa penasaran mungkin saja timbul. Yang pasti, pihak penyensor udah suudzon sama anak-anak yang menonton. Suudzon bahwa anak-anak yang menonton Shizuka pake baju renang, malamnya bakal mimpi basah di usia 8-9 tahun. Terus kalo orang dewasa yang nonton? Siapa yang kepikiran coba kalo mandangin Shizuka yang lagi pake pakaian renang bisa bikin gairah naik? Punya belahan dada juga kagak. Anak SD, kan? Bentuknya kartun 2 dimensi pulak. Yang nyensor kok kepikiran, ya? Atau, jangan-jangan yang nyensor...... ah, cudalah.

Kayaknya, sekarang kalo ada unsur-unsur yang mengandung atau bakal mengandung unsur “belahan”, pasti disensor. Kalo tren nyensor terus berlanjut begini, takutnya bisa membuat hal-hal yang awalnya nggak tabu bisa jadi tabu. Misal :
-          Setiap Charlie (mantan) ST12 tampil di TV, belahan rambutnya disensor karena mengandung unsur belahan.
-          Kamu. Iya.. Kamu. Juga bakalan kena sensor. Karena kamu adalah “belahan” jiwaku. Eeeaak.
-          Artis-artis papan atas nggak bisa nongol di TV lagi karena mukanya kena sensor. Contoh artisnya : Belah Saphira, belah Sophie, Nabelah JKT48, Laudya Chintya Belah. Nama-nama mereka mengandung unsur belahan. (Bodo amat!)
-          Laut merah nggak bakal bisa ada tayangannya di TV Indonesia. Kenapa? Karena juga mengandung unsur belahan. Dulu banget kan, Laut Merah pernah dibelah sama Nabi Musa. As?
-          Gambar legendaris; 2 gunung,  ada matahari, ada jalan di tengah-tengah sawah, sewaktu zaman SD bakal kena sensor. Gambar gunungnya ada belahan.
-          Sungai Ciliwung bakal kena sensor. Gara-gara sungai Ciliwung, kota Jakarta punya belahan. Sungai Ciliwung kan membelah kota Jakarta?


 Seharusnya, pihak yang berwenang dalam hal penyensoran bisa lebih bijak dalam memilah mana yang pantas disensor dan mana yang nggak perlu disensor. Udah dulu, ya. Buruan dibaca sebelum tulisan ini disensor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar