Selasa, 10 Mei 2016

Apa Saja Hal yang Harus Ada di Sebuah Klinik Gigi?



1. Dental Chair
Kalo nggak ada dental chair, bisa jadi seorang dokter gigi melakukan perawatan pasien di kursi tembak atau bahkan telentang di lantai.

2. Dokter Gigi
Gimana ceritanya kalo pasien udah dateng ke klinik gigi, terus ternyata nggak ada dokter giginya? Ternyata, klinik giginya udah berdiri duluan dan dokter giginya masih belum lulus koas. Miris.

3. Pasien
Klinik ada. Dokter gigi ada. Dental chair ada. Pasien nggak ada. Ya, bangkrut.

4. Alat dan bahan
Di klinik gigi pribadi, kita nggak mungkin meminjam alat dan bahan  kayak zaman praktikum atau zaman koas. Mungkin, nggak, pas lagi ngerawat pasien di klinik pribadi kejadiannya begini,
“Halo, Bro. Lo di mana? Gue lagi praktek, nih. Boleh minjem cermin mulut sama spatula semen lo, nggak? Oh, iya. Sekalian alginat, ya. Entar gue ganti.”
“Oh. Oke. Bentar. Gue paketin dulu, ya. Soalnya gue lagi PTT di Timbuktu.”
Akhirnya, perawatan pasien pun kelar setelah 2 juta purnama.

5. Fasilitas di Ruang Tunggu
Kita harus membuat suasana senyaman mungkin di ruang tunggu. Pasien yang sedang antri harus dibuat senyaman mungkin. Jangan lupa menaruh kursi di ruang tunggu. Jangan sampai pasien antri dan menunggu dalam keadaan jongkok. Terus AC/kipas angin. Nanti pasiennya kepanasan dan keringetan. Supaya nggak bosan menunggu, di ruang tunggu kalo bisa sediakan majalah dan TV. Majalah yang disediakan jangan majalah dewasa, ya. Berbahaya bagi kelangsungan hidup dokter gigi wanita dan perawat wanita. TV juga jangan disetel ke channel yang menayangkan serial Uttaran. Takutnya pasiennya keasikan dan nggak pulang-pulang; nginep di ruang tunggu.

6. Gelas Kumur
Kelihatannya sepele. Tapi, fungsinya besar banget. Contoh, ya.
“Silakan kumur-kumur dulu, Mbak”
“Eh? Gelas kumurnya mana, dok?”
“Nggak ada, Mbak. Itu. Silakan mangap di keran. Atau kalo mbak kuat, silakan kumur-kumur lanngsung dari galon yang ada di sudut”
Busyet amat, kan?

7. Listrik, Lampu, dan Air
Kalo listrik mati, lampu gelap, air nggak ada. Gue mau nanya. Itu klinik atau kos-kosan mahasiswa yang nunggak iuran PAM dan PLN?

8. Tempat Sampah
Bisa bayangkan kalo dokter giginya ngomong begini ke pasien,
“Mbak. Tissue sama tampon bekas darahnya mohon dibawa pulang, ya. Di klinik kita nggak nyediain tempat sampah.” Hmmm

9. Toilet
Jangan tega ngeliat pasien kebelet nahan pipis dan BAB. Masa’ nyuruh pasien pipis di bawah batang pohon atau BAB di kresek terus dibawa pulang?

10. Dan banyak hal lainnya. Capek gue nulisin. Hahaahaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar