Senin, 24 September 2012

Seminar Generasi Sinergi

23 September 2012... Jadi hari bersejarah dalam hidup gue. Untuk pertama kalinya, gue diundang jadi pembicara seminar dan talkshow tentang dream. Padahal sebelumnya gue hanya jadi pembicara di forum gosip di rumah Bu RT. Lagian, ngomong tentang Dream?? Apa yang ngundang nggak tau kalo dream yang paling deket sama gue adalah dream akil baligh. Dan nggak tanggung-tanggung, gue diundang jadi pembicara bareng drg. Martha Mozartha, M.Si dan Raditya Dika !!!(semua nama tokoh udah di-blur). Keduanya udah sering banget buat ngisi seminar dan talkshow. Terlebih lagi Bang Radit. Jam terbangnya udah wah bangetlah. Dan itu artinya, gue bakal jadi anak bawang, anak ingusan, anak curut di  antara pembicara-pembicara hebat ini. Gue inget, waktu pertama kali gue dikasih tau si ketua pelaksana seminar ini bahwa gue bakal diundang buat jadi pembicara, sekitar akhir Juni 2012 lewat chat-chatan.
"Kak, berhubung buku kakak udah terbit, kakak representatif banget buat jadi pembicara kita di seminar generasi sinergi bareng Raditya Dika"
"What?! Nggak salah orang nih? Bisa cari orang lain dulu nggak. Gue lagi sakit gila nih. Sering ayan juga tiba-tiba. Lagian kan kakak nggak pandai ngomong, ketemu orang aja kakak suka menggonggong"
Tapi setelah akhirnya dirayu-rayu dan diiming-imingi oleh panitia kalo gue bakal dibiayai kalo mau operasi transgender, akhirnya gue sanggupin.
"Okelah kalo begitu. Gue mau"
"Horee..Ada pertanyaan lagi kak?"
"Ada. Gue nggak tau apa arti kata representatif'"

Akhirnya tiba saatnya seminar. Setelah di dalam masa-masa penantian kapan seminar tiba gue sering kejang  dan sering muntah dari dubur. Gue nervous banget dong ya. Kalo kebanting sama pembicara lainnya gimana? Kalo gue kebunting gimana? Tapi gue sekarang udah ada di bangku pembicara seminar. Dan 400 peserta seminar dan talkshow ini siap buat mengintimidasi gue. Setiap gue noleh ke arah peserta, entah kenapa pandangan mereka gue baca sebagai kalimat, "Udah deh Bang, daripada ntar malu-maluin jadi pembicara, mendingan lo sekarang lari-lari telanjang keliling ruangan deh". Sial, gue diintimidasi abis-abisan. 
Gue dapet giliran kedua dalam nyampein materi. Gue harusnya sih easy going yah, gue harusnya sadar, para peserta ini dateng buat nontonin Bang Radit, bukan nonton gue. Ibarat makanan, Bang Radit adalah menu utamanya dan gue hanyalah nasi yang nyelip-nyelip di behel. Ibarat makanan padang, Bang Radit adalah nasi rendangnya, gue adalah aer kobokannya. Gue hanyalah setitik aib di dalam tumpukan mukena (peribahasa apa ini?) Tapi tetep aja dong gue harus tampil maksimal.

Setelah pembicara pertama tampil, drg.Martha, akhirnya tiba giliran gue. Gue nggak fokus dengerin materi dari beliau karena gue lagi gugup banget. Dan kalo lagi gugup gue sering mencret. Jadi, daritadi gue setengah mati nahan mencret. Tapi mau nggak mau gue harus maju ke depan. Gue tarik nafas pelan-pelan, hempaskan lewat bokong, gue tarik nafas lagi, kemudian gue ngangkang, selanjutnya gue sukses brojol.
"Kita panggilkan pembicara kita yang mirip Afgan, kak Tomyy Aryandaaaa", teriak MC acara. Kedengeran ditelinga gue kayak "Saatnya kita sembeliiihhh pembicara iniii". Sempet-sempetnya ni MC mirip-miripin gue sama Afgan. Nggak tau dia kalo gue lepas poni bakal muncul sesosok Oppie Kumis yang seksi.
Gue udah di panggung. Gue pandang sejenak 400 orang peserta. Mereka semua fokus ke arah gue. Glek. Gue nyoba buka materi...
"Er..Selamat siang.. Ada yang kenal gue nggak?"
"Nggggaaaaaaakkk", serempak mereka menjawab. Gue pengen nangis. Gue pengen dimasukin lagi ke rahim Emak gue. Tapi mereka bener sih, siapa gue??? Gue lanjutin pembukaannya.
"Oke.Perkenalkan bagi yang belum kenal. Gue adalah calon suamimu"
Krik. Semua peserta diam. Pandangan mereka kosong. Gue kayak lagi ngeliat gunungan batu es. Dingin. Beku. Tatapan mereka ke arah gue nunjukin kalo sekaranglah waktunya kalo gue mau mlorotin celana gue. Gue juga bengong. Bingung.
"Eh? Gue garing banget ya?", tanya gue kebingungan. Bener-bener pasang muka bingung sambil garuk kepala.
Tiba-tiba semua peserta tergelak. Tertawa ngakak. Gila!! Ini sarap!! Gue nyoba ngelucu, tapi mereka nggak ketawa. Tapi pas gue nanya "Gue garing ya?", mereka malah tergelak!! Ada apa dengan mereka semua ya Tuhan??!!
 Gue pun nyoba ngasih salam seminar. "Apa kabar generasi sinergiiiiiiiii!!!!!"
Para peserta cuma mengangguk-angguk. Selebihnya muka tetap suram. Gue kebingungan lagi. Tiba-tiba gue punya ide buat ganti salam, "Apa kabar sahabat Dahsyaaaaaattttttt!!!!". Tiba-tiba semua peserta langsung membara dan penuh gairah sambil berteriak "Yeyeye lalalala!!!". Bahkan beberapa peserta nyoba manjat bahu temennya buat joget-joget di atas bahu temennya kayak di konser. Tuhaaaannn!! Tolong selamatkan aku dari sini. Ada apa ini??!!

 Gue buka slide materi dari gue...
                                         Pembicaranya nggak seberapa, background slidenya Ruarr biasa!!

Akhirnya gue udah mulai bisa menguasai  suasana. Peserta juga kayaknya udah nikmatin lawakan-lawakan gue, walo terkadang garing. Tapi garing tadi ilang seketika kalo gue atasi dengan cara striptis di panggung. Yah, selebihnya gue suka banget dengan respon peserta dengan materi yang gue bawa. You rock guys!!
Akhirnya gue kelar nyampein materi. Giliran Bang Radit yang tampil. Tapi nggak gue bahas di sini bagaimana dia tampil. Ini blog gue. Gue yang jadi artis (Nguahahahaha). Nggak kok. Nggak gue bahas karena semua juga tau kalo Bang Radit tampil pasti keren banget. Kocak parah.

Setelah selesai semua susunan acara, gue lega banget. Peserta bubar. Namun ada sebagian peserta yang dapet fasilitas foto bareng Bang Radit. Gue asyik ngobrol sama panitia sambil ngelepas ketegangan. Di kejauhan, gue ngeliat ada seorang cowok yang ngelirik-lirik malu ke arah gue. Gue senyum. Dia bales senyum. Dia terus ngelirik. Gue udah keringet dingin. Gue inget pesan Emak gue yang bunyinya gini
"Nak, kalo ntar kamu udah gede dan ketemu cowok yang ngelirik-lirik mesra sambil senyum, segera larilah Nak. Emak sayang kamu Nak"
"Iya Mak. Memangnya kenapa Mak?"
"Ntar kamu takutnya bakal susah e'ek Nak"
Pesan itu terngiang-ngiang. Gue buru-buru masang protektor bokong berupa sumbat gabus buat mencegah hal-hal yang dia inginkan tapi nggak gue inginkan. Dia ngelambai-lambai sambil berjalan menghampiri. "Maaaaaaakkk, maafkan anakmu Maak. Tolong kirim duit tambahan buat beli obat wasir Maaak!", jerit gue dalam hati.
Pas udah deket gue, cowok itu ngomong,"Bang, minta tanda tangan dan foto bareng dong",katanya sambil ngeluarin buku gue dan kamera.  Syiiiitt!  Sumbat gabus udah kepasang dengan manis.
"Oh, boleh boleh", kata gue sambil senyum.
"Boleh pinjem pena Bang"?. Errr.. Boleh gue telen idup-idup nggak ya ni anak???

 Maafkan aku Mas yang telah berburuk sangka padamu Nak. Maafkan aku Mas dengan  cara  menikahi aku.

Setelah dimulai oleh sang cowok tadi (setelah diinterogasi namanya diketahui : Atmadja. Seperti biasa, nama udah di-blur), peserta-peserta lain pun berbondong-bondong ngedatengin gue dengan membawa buku, kamera, dan pena. Gue bangga dong ya. Seneng banget pastinya. Tapi ternyata mereka nyamperin gue cuma mau ngeludahin muka gue. Gue telah gagal jadi orang. (becanda ding!)
Bagi yang kemaren nggak bisa dateng, sebenernya pengen gue bagi sedikit cuplikan video waktu gue jadi pembicara. Koneksi internet nggak mengizinkan itu. Lain kali aja ya :). Nggak ada video Radit lho ya. Inget. Ini blog gue :D. Pengen juga sih ngupload foto gue bareng Radit. Tapi file fotonya belum nyampe ke gue. Oke. Bagi yang berminat ngundang gue, silahkan hubungi twitter/email gue (Nyahahahahaha)